Jumat, 28 Desember 2018

Sirsak - Muris - Zuurzak - Nangka Belanda - Durian Belanda - Soursop - Annona Muricata

Siapa yang tidak suka Sirsak? Rasanya memang sedikit Asam, dagingnya Kenyal, tapi sangat menyegarkan. Siapa sangka buah ini memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan? Syukurlah bahwa buah ini tumbuh di Indonesia. Sirsak biasanya juga ditemukan di negara-negara Amerika Selatan. Baiklah, sebelum membahas manfaat Buah Sirsak, terlebih dahulu mari berkenalan dengan Buah Sirsak! Let’s Go!

Gambar 1 : Buah Sirsak dan Buah Sirsak terbelah


Sirsak merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Rasa Sirsak Manis dan Asam. Buah Sirsak atau dagingnya kaya akan Serat. Setiap 100g Daging Sirsak yang dimakan mengandung 3,3g Serat yang dapat memenuhi 13 % kebutuhan Serat per Hari. Selain mengandung Serat, juga mengandung banyak Karbohidrat (terutama Fruktosa), Vitamin C, B1, dan B2.

Gambar 2 : Cabang Pohon Sirsak dengan Daun, Bunga dan Buah

Sirsak, Nangka Belanda, atau Durian Belanda (Annona Muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai Nangka Sebrang, Nangka Landa (Jawa), Nangka Walanda, Sirsak (Sunda), Nangka Buris, Nangkelan (Madura), Srikaya Jawa (Bali), Boh Lôna (Aceh), Durio Ulondro (Nias), Durian Betawi (Minangkabau), serta Jambu Landa (Lampung), Nangko Belando (Palembang). Penyebutan "Belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa Sirsak (dari bahasa Belanda: Zuurzak, berarti "Kantung Asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Gambar 3 : Klasifikasi Ilmiah Sirsak (Annona Muricata L.)

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama Sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda “Zuurzak”, yang berarti "Kantung yang Asam". Pohon Sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia, Sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Gambar 4 : Pohon Sirsak

Buah ini berwarna hijau, bentuknya menyerupai ‘Jantung’ dengan duri-duri kecil yang tidak terlalu tajam. Rasanya merupakan kombinasi antara Stroberi dan Nanas, sangat unik.  Selain dikonsumsi langsung, buah ini dapat diolah menjadi Bahan Makanan Penutup, Permen, dan Obat Tradisional. Pastinya, Anda juga bisa menjadikan Buah ini sebagai Jus atau Smoothies

Gambar 5 : Jus Sirsak

Buah Sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "Buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (Buah Agregat) dengan Biji Tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging Buah Sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku Jus Minuman serta Es Krim. Buah Sirsak mengandung banyak Karbohidrat, terutama Fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah Vitamin C, Vitamin B1 dan Vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai Insektisida Alami, sebagaimana biji Srikaya.

Gambar 6 : Buah Sirsak terbelah

Sirsak adalah Buah Tropis yang kaya Vitamin (C, B1 dan B2) dan Mineral (Magnesium, Kalium, Tembaga dan Zat Besi) yang membuat tubuh kita sehat. Buah Sirsak juga terkenal karena kandungan serat yang tinggi, yang mempercepat proses pencernaan. Mengonsumsi Jus Sirsak secara rutin memiliki manfaat kesehatan yang banyak.

Gambar 7 : Kandungan Nutrisi Buah Sirsak per 225 gram

Berikut rangkuman dari berbagai sumber mengenai manfaat dari mengonsumsi Sirsak secara rutin, ada 11 manfaat dari Buah Sirsak, simak baik-baik agar tahu, paham dan makin suka dengan Sirsak.

1. Mencegah Kanker dan Membunuh Parasit
Sudah terbukti bahwa Sirsak membantu mencegah Kanker dan Tumor Ganas lainnya. Sirsak menawarkan tindakan Antioksidan untuk tubuh karena membantu menghilangkan racun yang menyebabkan penyakit kronis seperti Kanker. Untuk alasan ini, dianjurkan untuk minum Jus Sirsak sebagai terapi alami menyertai Prosedur Medis pada pasien dengan Kanker. 


Gambar 8 : Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian mengungkapkan bahwa Sirsak mengandung Turunan Asam Lemak yang disebut Annonaceous Acetogenins. Senyawa ini dapat dikaitkan dengan Pencegahan Kanker dan Pengurangan Ukuran Tumor. Penelitian lain mengungkap bahwa kandungan dalam sirsak dapat dipakai sebagai alternatif untuk Pengobatan Kanker.  Acetogenins dalam Sirsak diduga dapat memotong Perkembangan Sel yang tidak normal dari Aliran Darah. Sering kali Sirsak dikaitkan dengan sebagai salah satu pengobatan untuk Kanker Payudara, Prostat, dan Paru-paru.

Gambar 9 : Acetogenins

Ternyata Sirsak telah lama Populer menjadi Pengobatan Tradisional di daerah Amerika Latin dan Amerika Selatan. Kandungan Antiparasit dan Antibakterinya dapat melindungi tubuh dari Infeksi Parasit, hal ini terjadi karena Sirsak mengandung Vitamin C.

2. Menurunkan Berat Badan, Memerangi Diabetes dan Membersihkan Saluran Pencernaan
Sirsak membantu Menurunkan Berat Badan karena mengandung sedikit Kalori. Setiap 100g buah ini hanya mengandung 65 Kalori.

Gula yang ada dalam buah ini mudah dimetabolisme dan Senyawa dalam Sirsak membantu Memerangi dan Menstabilkan lonjakan Glukosa Darah.

Gambar 10 : Saluran Pencernaan Manusia

Selain buahnya, Anda juga bisa menggunakan Daun Sirsak untuk Pengobatan yang berhubungan dengan Saluran Pencernaan. Daunnya dapat dikonsumsi dengan cara menyeduhnya seperti Teh. Daun dan Daging Sirsak dapat digunakan untuk Membersihkan Usus, dan Sistem Gastrointestinal Anda akan lancar. Hal ini  disebabkan karena Sirsak dapat menstimulasi Hormon Diuretic. Vitamin C pada Sirsak dapat menguatkan Kekebalan Tubuh, tidak heran Sirsak digunakan bertahun-tahun untuk mengobati Kudis dan Disentri. Alkaloid dan Kuinolon, termasuk ke dalam komponen Antiperadangan yang dapat mengurangi Parasit di Usus, serta mengurangi Rasa Nyeri dan Sakit di Perut.

3. Melindungi Organ, Merawat Hati, Meredakan Saluran Pernapasan dan Memperlambat Penuaan
Sirsak membantu mencegah Kerusakan Saraf dan menjaga Kesehatan Jantung. Berkat kandungan Vitamin B yang tinggi, buah ini dapat mempercepat Metabolisme Tubuh. Selain itu, kandungan Vitamin B2 diperlukan untuk menghasilkan Energi Tubuh, membuat Fungsi Sistem Saraf dan menjaga Jantung. Vitamin C dalam jumlah besar membuatnya menjadi Antioksidan yang sangat baik.

Gambar 11 : Organ Dalam pada Manusia

Makan Sirsak secara teratur adalah cara yang sehat untuk mendukung Fungsi Hati dan Kantong Empedu. Kekayaan Antioksidan mendukung Pemurnian Organ sebelumnya dan membantu dalam Proses Pencernaan Lemak sehingga Hati bekerja dalam kondisi sempurna.

Gambar 12 : Radikal Bebas

Buah Sirsak menjadi makanan yang cocok dimakan saat Anda sedang berjuang melawan Batuk, Flu, atau Gangguan Pernapasan lainnya. Sirsak  memiliki sifat Ekspektoran, yang bisa diandalkan untuk menghilangkan Dahak dan Lendir, di mana banyak Patogen/Virus dapat hidup. Sirsak mengandung Asam Askorbat yang dapat membantu melawan Radikal Bebas dan Infeksi. Dengan mengurangi Infeksi Bakteri dan Virus, Anda dapat mempercepat penyembuhan Flu dan Batuk. Selain buahnya, Anda juga bisa memakai rebusan Daun Sirsak untuk membantu menyembuhkan Sinus dan Meredakan Tenggorokan.

4. Mencegah Flu dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Berkat kandungan Vitamin C, Sirsak juga membantu mencegah dan melawan Flu atau Pilek biasa. Sirsak juga memiliki Dampak Positif pada penguatan Sistem Kekebalan Tubuh.

Gambar 13 : Sakit Flu

Nutrisi yang terkandung dalam Sirsak adalah Vitamin C, B1, dan B2. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga Sistem Kekebalan Tubuh, sebab vitamin tersebut akan menstimulasi pembentukan Sel Darah Putih. Vitamin tersebut juga merupakan jenis Antioksidan yang dapat mencegah Penyakit Kronis.

5. Memperkuat Tulang, Mencegah Osteoporosis dan Membantu Menyembuhkan Nyeri
Buah ini sangat ideal untuk Kesehatan Tulang dan Gigi karena kandungan Fosfor dan Kalsium. Buah ini juga dianjurkan untuk Wanita yang mengalami Menopause karena untuk melindungi Kepadatan Tulang.

Gambar 14 : Osteoporosis

Senyawa Antiperadangan tidak hanya meredakan Nyeri di Perut, tetapi juga meredakan Nyeri Sendi atau peradangan seperti Arthritis. Rasa nyeri dapat diredakan dengan cara mengggosokkan Buah Sirsak pada bagian tubuh yang nyeri. Manfaat lain yang didapat adalah Meningkatkan Fleksibilitas.

6. Kesehatan kulit
Biji Sirsak dapat digunakan sebagai Penyegar untuk Kulit. Ketika Anda menghancurkan Biji dan Buah Sirsak, dan diaplikasikan pada Kulit, hal tersebut dapat membawa manfaat pada Kulit. Sirsak mampu mengurangi Garis-Garis Kerutan, serta mengurangi gejala Penuaan Kulit. Antioksidan dalam Sirsak mampu Meremajakan Kulit dan Melindungi Kulit Anda dari Infeksi Bakteri.

Gambar 15 : Penuaan Kulit

7. Mengobati Bayi Mencret
Buah Sirsak yang sudah masak. Buah Sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

8. Meredakan Ambeien
Buah Sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

9. Mengobati Anyang-anyangen
Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

10. Mengobati Sakit Kandung Air Seni
Buah Sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat Kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

11. Mengobati Penyakit Liver
Puasa makanan lain, hanya minum Jus Sirsak selama 1 minggu.

Tunggu dulu! jangan berhenti membaca Manfaat Sirsak ya! Karena, Selain Daging Buahnya yang kaya akan gizi, Daunnya pun mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun Sirsak memang merupakan bagian yang paling bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan Daun Sirsak menjadi Populer ketika hasil dari sebuah Penelitian menyatakan bahwa terdapat Senyawa yang dapat mengobati Kanker dalam Daun Sirsak.

Gambar 16 : Pohon Sirsak

Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dalam Daun Sirsak adalah Acetogenin. Acetogenin merupakan kumpulan Senyawa Aktif yang memiliki aktivitas Sitotoksik (Membunuh Racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat Transport ATP (Adenosine Triphosphate) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di Reseptor Dinding Sel dan merusak ATP di dinding Mitokondria.

Gambar 17 : Daun Sirsak

Berikut manfaat Daun Sirsak dari berbagai sumber, ada 12 manfaat Daun Sirsak nih, Simak baik-baik ya! agar tahu, paham dan makin suka dengan Sirsak.

1. Mengobati Kanker
Manfaat Daun Sirsak pertama yang membuat Daun Sirsak menjadi terkenal adalah mengobati Kanker. Bahkan Daun Sirsak dapat lebih cepat dan efektif menghambat Sel Kanker dibandingkan dengan Kemoterapi. Hal ini dikarenakan Acetogenin mampu Mengobati dan Menyembuhkan pasien yang mengidap Kanker. Acetogenin pada Sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan Sel Kanker 10.000 kali lebih kuat dari Adriamycin. Acetogenin menghambat pertumbuhan Sel Kanker sekaligus menghambat perkembangan Sel Tumor yang Resisten terhadap obat Kemoterapi Adriamycin.

Gambar 18 : Kanker

Untuk merasakan manfaat Daun Sirsak untuk Kanker, Anda hanya perlu meminum air rebusan Daun Sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar Daun Sirsak dengan 3 gelas Air Mineral. Rebus hingga air hanya tersisa [1/2] nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat Daun Sirsak cepat dirasakan.

2. Mengobati Kista Ovarium
Hal ini tentu saja dialami oleh Wanita. Kista Ovarium bisa juga disebut Tumor Jinak yang muncul pada Ovarium.  Jika tidak segera diobati, Kista dapat berkembang sebagai Kanker. Oleh karena itulah Anda bisa memanfaatkan manfaat Daun Sirsak untuk Kista Ovarium.

Gambar 19 : Kista Ovarium


Untuk merasakan manfaat Daun Sirsak untuk Kista Ovarium, Anda hanya perlu meminum air rebusan Daun Sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar Daun Sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas Air Mineral. Rebus hingga air hanya tersisa [1/2] nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat Daun Sirsak cepat dirasakan.

3. Mengobati penyakit paru-paru
Sebagai Anti-Bakteri, Daun Sirsak juga bisa digunakan sebagai Obat untuk mengobati Penyakit Paru-paru baik Paru-paru Basah maupun Kering.

4. Mengobati Asam Urat
Tidak hanya untuk mengobati Kanker saja, Daun Sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati Asam Urat. Sama halnya dengan mengobati Sel Kanker, kandungan pada Daun Sirsak yang antara lain adalah Acetogenin, Annocatalin, Asam Gentisic, Annomuricin, Caclourin, dan Asam Linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati Asam Urat.

Gambar 20 : Asam Urat

Untuk merasakan manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat, Anda hanya perlu meminum air rebusan Daun Sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar Daun Sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas Air Mineral. Rebus hingga air hanya tersisa [1/2] nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat Daun Sirsak cepat dirasakan.

5.  Mengobati Kolesterol
Bagi Anda yang mempunyai Kolesterol tinggi, Anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan Daun Sirsak pula. Untuk merasakan manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol, Anda hanya perlu meminum air rebusan Daun Sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar Daun Sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas Air Mineral. Rebus hingga air hanya tersisa [1/2] nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat Daun Sirsak cepat dirasakan.

Gambar 21 : Kolesterol

6. Mengobati Diabetes
Senyawa yang ada pada Daun Sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar Gula Darah pada Tubuh Manusia dan menjadikannya Normal. Hal ini dikarenakan Daun Sirsak kaya akan kandungan Antioksidan karena di dalamnya terkandung senyawa Polifenol, Saponin, dan Bioflavonoid. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya Radikal Bebas dan bahaya Penyakit yang mengintai tubuh setiap saat.

Gambar 22 : Diabetes Mellitus

7. Meningkatkan Kesuburan
Pada beberapa kesempatan, terbukti pula bahwa Daun Sirsak dapat meningkatkan produksi jumlah Sperma dan pada wanita dipercaya dapat memperkuat Rahim.

8. Menghilangkan Stres
Teh Sirsak telah digunakan selama berabad-abad lalu untuk menghilangkan Stres. Antiperadangan pada Sirsak dapat membuat seseorang merasa Tenang. Hal tersebut baik untuk Anda ketika menderita Stres Berlebihan dan Kecemasan. Anda perlu terbebas dari Stres, sebab Hormon Stres dapat merusak dan mengacaukan Sistem Metabolisme Anda. Selain membantu menghilangkan Stres, efek menenangkan tersebut dapat membantu Anda untuk mengatasi Insomnia.

Gambar 23 : Stres

9. Menghilangkan Kutu
Daun Sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara Ajaib sangat Beracun bagi Serangga atau Parasit. Karena itulah Daun Sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi Kutu dan Ketombe. Caranya adalah dengan menggunakan air rebusan Daun Sirsak untuk mencuci Rambut.

10. Meredakan Sakit Pinggang
20 lembar Daun Sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, diminum 1 kali sehari 3-4 Gelas.

11. Mengobati Bisul
Daun Sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terdapat Bisul.

12. Meredakan Eksim dan Rematik
Tumbuk Daun Sirsak sampai Halus dan tempelkan di bagian yang Sakit.

Selain Buah dan Daunnya yang bermanfaat, bagian dari Sirsak seperti Akar Sirsak dan Kulit Batang Pohon Sirsak juga berkhasiat nih, simak keterangan berikut ini:

Khasiat Akar Sirsak
Akar Pohon Sirsak mengandung senyawa aktif  Annonain, Tanin dan Alkaloid. Sebagai bahan yang digunakan untuk obat, Akar Pohon Sirsak biasanya dikonsumsi dalam bentuk Teh. Akar ini digunakan sebagai Obat Penenang, Antikejang, Antidiabetes, dan menurunkan Tekanan Darah.

Gambar 24 : Akar dari beberapa Genus Annona

Masyarakat Amazon memanfaatkan Akar Pohon Sirsak sebagai Panangkal Racun, Pembasmi Kutu, dan Antidiabetes. Penggunaan lain dari Akar Sirsak adalah sebagai Racun pada aktivitas Penangkapan Ikan, atau sebagai Racun yang dapat Membunuh Larva Nyamuk dan Nyamuk Vektor Malaria.

Khasiat Kulit Batang Pohon Sirsak
Kulit Batang Pohon Sirsak mengandung senyawa Tanin, Fitosterol, Caoksalat, Murisine, dan Alkaloid. Kulit Batang biasa dikonsumsi setelah direbus dengan Air. Air rebusannya digunakan untuk pengobatan Penyakit Asma, Batuk, Penenang  dan Hipertensi.  Bangsa Haiti meyakini air rebusan Kulit Batang Pohon Sirsak dapat memperbaiki sistem kerja Jantung.

Gambar 25 : Pohon Sirsak

Massyarakat Peru biasa menggunakannya sebagai Obat penyakit Kencing Manis. Suku Amazon menggunakan Kulit Batang Sirsak sebagai Obat untuk menyembuhkan penyakit Diabetes dan sebagai obat Antikejang. Masyarakat dari beberapa Negara menggunakannya untuk Menghangatkan Tubuh, Mengobati Flu, dan sebagai Antiparasit.

Gambar 26 : Batang Pohon Sirsak

Setelah mengetahui manfaat/khasiat dari Sirsak, berikut ini adalah beberapa Jenis Olahan yang berbahan dasar Sirsak. Selamat menyimak.

1. Dodol Sirsak
Bahan :
- Buah Sirsak Masak
- Panili
- Santan Kental
- Gula Pasir
- Pewarna

Gambar 27 : Dodol Sirsak

Pembuatan :
Daging Buah Sirsak yang telah dibuang bijinya dicampur dengan Gula Pasir dan Santan. Kemudian diaduk rata dan dipanaskan. Tambahkan Panili secukupnya dan aduk hingga hancur dan mengental agak kering. Agar menarik dapat diberi warna ke dalamnya. Angkat wadah dan dinginkan maka Dodol siap dihidangkan.

2. Selai Sirsak
Bahan :
- Sirsak Masak 1 kg
- Natrium Benzoate secukupnya
- Gula Pasir ½ kg
- Pewarna secukupnya

Gambar 28 : Selai Sirsak

Pembuatan : kupas Buah Sirsak dan buang bijinya . peras dan remas- remas Daging Sirsak tersebut hingga air keluar. Air tersebut dimasak hingga mengental dan dicampur Gula Pasir, Natrium Benzoate, dan Pewarna. Setelah mengental panci diangkat dan didinginkan. Untuk menyimpannya dapat dimasukkan ke dalam botol bersih lalu ditutup rapat.

3. Sirup Sirsak
Bahan :
- Buah Sirsak Masak ½ kg
- Gula Pasir ½ kg
- Air Bersih ½ liter

Gambar 29 : Sirup Sirsak

Pembuatan : Buah Sirsak dikupas dan bijinya dibuang. Siapkan panci dan masukkan air beserta Gula ke dalamnya. Masak hingga kental seperti Sirup. Setelah itu masukkan Sirsak ke dalamnya. Panci diangkat dan didinginkan selama 2-3 hari. Untuk penggunaannya, saringlah air menggunakan penyaring halus lalu tuangkan ke dalam gelas. Sirup siap dihidangkan.

4. Manisan Sirsak
Bahan :
- Daging Buah Sirsak Matang 1 kg
- Gula Pasir 1 kg
- Asam Sitrat 1 gram
- Garam Meja 1 gram

Gambar 30 : Manisan Sirsak Kering

Proses pembuatan :
Pencucian buah : Buah dicuci bersih dengan menggunakan Air sehingga segala kotoran dan serangga yang menempel di Kulit Buah hilang.

Pengupasan : Buah yang telah dicuci bersih dikupas dan di keluarkan bijinya menggunakan sendok atau garpu.

Pencampuran : Daging Buah yang telah bersih dimasukkan ke dalam Wadah dan dicampur dengan Gula Pasir, Asam Sitrat, dan Garam Dapur sambil diaduk- aduk menggunakan kayu pengaduk agar merata.

Pengentalan (Pemanasan) : campuran Buah Sirsak dengan Bumbu- bumbunya dituangkan ke dalam Bejana Pemanas untuk dikentalkan pada suhu 80o dan diaduk- aduk hingga warna campuran berwarna kuning kemerahan dan mengental.

Pengeringan : untuk mengeraskan campuran bahan yang telah dipekatkan agar tahan lama dan dapat dibungkus.

Pembungkusan : menggunakan Kertas Minyak, yang ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Kualitas manisan Sirsak yang telah jadi harus memiliki Sifat- sifat Khusus, yaitu :
- Warna : Kuning Kemerahan
- Bentuk : Padat dan Bersih
- Kadar Gula : minimal 50%
- Kadar Air : ± 10 %
- Logam Berbahaya : Negative
- Jamur dan Ragi : Negative





Sumber
Artikel:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak
http://www.tribunnews.com/kesehatan/2018/08/13/rasakan-keajaiban-dalam-tubuh-saat-rutin-konsumsi-jus-sirsak-badan-langsing-sampai-cegah-kanker?page=all
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-sirsak/
https://www.merdeka.com/sehat/8-manfaat-rebusan-daun-sirsak-untuk-kesehatan-dan-cara-pengolahannya-kln.html
http://manfaat.org/manfaat-daun-sirsak
http://ardra.biz/kesehatan/khasiat-buah-dan-sayuran/khasiat-sirsak/
https://lumbungtani.wordpress.com/2010/01/13/manfaat-dan-pengolahn-buah-sirsak/

Gambar:
Gambar 1 : https://tudoela.com/wp-content/uploads/2017/06/graviola-maleficios-810x425.jpg
Gambar 2 : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/90/Annona_muricata_Blanco1.196.png/1200px-Annona_muricata_Blanco1.196.png
Gambar 3 : https://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak
Gambar 4 : http://www.fruitscapesllc.com/publishImages/fruitSOURSOP~~element31.jpg
Gambar 5 : http://recipesja.com/wp-content/uploads/2018/03/soursop-shake.jpg
Gambar 6 : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjK6TnGh898CEKclqsg3oPAzT_HvUcTNjkwuhy2tAvFDk4M_zR1i3YlKtO92JgWl0E14O3hu7BLRZ-ZCEtkN7eSuY8nLCWaBeR6OyT9gHqYYTCUfizo_O_YVdIqskQHCyIALNnzXe9LQg-p/s1600/_8252927.JPG
Gambar 7 : https://www.fruitsandveggiesmorematters.org/wp-content/uploads/UserFiles/Image/cooking/good/nutrition/fvdb/labels/Nutrition_Facts_Soursop.jpg
Gambar 8 : https://www.cancerresearchuk.org/sites/default/files/styles/cruk_wide_resp_breakpoint_one/public/diagram-showing-a-tumour-forcing-its-way-through-normal-tissue.jpg?itok=AzCg7qrC
Gambar 9 : https://www.researchgate.net/profile/Subhash_Agarwal/publication/279458331/figure/fig1/AS:339029590593536@1457842361976/Fig-1-Range-of-biological-activity-reported-for-acetogenins.png
Gambar 10 : https://www.muhealth.org/sites/default/files/inline-images/GI-Tract-1.jpg
Gambar 11 : https://as1.ftcdn.net/jpg/01/01/34/72/500_F_101347260_TFej2yRAmNNJ1KkDQC13nOHiBM0K1z8L.jpg
Gambar 12 : https://www.extrachai.com/wp-content/uploads/2018/06/Picture8.jpg
Gambar 13 : http://www.huntsvilleachievement.com/wp-content/uploads/2018/01/1956754.png
Gambar 14 : https://images.medicinenet.com/images/featured/detail_osteoporosis.jpg
Gambar 15 : https://perfectbeauty.id/beautytalk/wp-content/uploads/2017/06/cara-kerja-retinol-anti-aging-660x400.jpg
Gambar 16 : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxEQcDmUF-obMK8MBV9iqqRSVtx2kb9EXBbyUQoUYoIay_AAJoHIP-lPWLnHlwZOISsgpMXup1exS9vG-blqP9Nfuy8uA3qwUIz3vFVZCqQRHdwR_o6nKnhtJ4RU2WszH489T7yjCXYrlc/s1600/DSC_0007.JPG
Gambar 17 : https://www.1000ecofarms.com/files/shop/0m/0k/511/6889-511.jpg
Gambar 18 : https://pinkhope.org.au/wp-content/uploads/2015/09/Cancer-Genetics-Therapeutic-Strategies.jpg
Gambar 19 : https://www.obgynecologistnyc.com/wp-content/uploads/2016/09/Ovarian-Cysts.jpg
Gambar 20 : https://bidanku.com/wp-content/uploads/2018/03/cara_mengobati_asam_urat_dengan_bahan_alami.jpg
Gambar 21 : http://cdn2.tstatic.net/jabar/foto/bank/images/kolesterol_20180618_091443.jpg
Gambar 22 : https://ghr.nlm.nih.gov/art/large/pancreas-diabetes-mellitus.jpeg
Gambar 23 : https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/images.deccanchronicle.com/dc-Cover-bsnudco08r3igtj44duecnr7m4-20180624062214.Medi.jpeg
Gambar 24 : http://file.scirp.org/Html/13-3000218/f64a5d67-6870-4e97-913c-4d2466845061.jpg
Gambar 25 : https://asianfruitworld.com/wp-content/uploads/2017/04/soursop-tree-afw.jpg
Gambar 26 : https://ardra.biz/wp-content/uploads/2011/09/batang-pohon-sirsak.jpg
Gambar 27 : https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/4f3366f2a5f29b01/751x532cq70/photo.jpg
Gambar 28 : https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/8e0c207e5e8d7144/400x400cq70/photo.jpg
Gambar 29 : https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/19d5cb30f0a1a0bd/260x366cq50/photo.jpg
Gambar 30 : https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2016/10/22/1346405/1346405_5a2a913a-7496-43a6-8555-284d74b8d896.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar